Sarasehan Prodi Farmasi Tasikmalaya

By | 19th October 2016

sarasehanPada tanggal 25 November 2015, berlokasi di Aula Purbaendah kampus Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Telah berlangsung acara Sarasehan Farmasi. Sarasehan itu sendiri adalah suatu acara, yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar jurusan Farmasi di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya baik Mahasiswa/i, Dosen dan Staf Farmasi berkumpul untuk meningkatkan tali silaturahmi antar dosen/staf dan mahasiswa serta tempat untuk mencurahkan masalah / kendala yang terjadi di jurusan farmasi, sehingga dapat di selesaikan dengan cara bermusyawarah.

Pembukaan dilangsungkan pada jam 12.50 WIB, yang diawali oleh sambutan dari pembawa acara yang menerangkan jadwal acara yang akan berlangsung. Selanjutnya sambutan dari Ketua Program Studi DIII Farmasi, beliau menyampaikan beberapa hal dalam acara sarasehan ini yaitu mengenai mengenai Kurikulum bahan ajar pada Tahun ajaran 2014/2015 di jurusan Farmasi yaitu mengacu kepada Surat Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No.HK.00.06/1/111/2/04776/2011 tentang kurikulum inti program pendidikan Diploma III Farmasi sebanyak 96 SKS dan Kurikulum Institusional sebanyak 19 SKS yang mengacu pada Surat Keputusan Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Nomor : DM.02.04/i/1775.2/2014 tentang penetapan Kurikulum Institusional Program Studi DIII Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, sehingga beban studi DIII Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya sebanyak 115 SKS ditempuh dalam 6 semester. Kedua, mengenai rencana strategi Program Studi DIII Farmasi agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Adapun strategi yang dilakukan oleh jurusan farmasi meliputi :

  • Melakukan pelatihan untuk dosen farmasi sesuai Gap Matrik kopetensi,
  • Mewajibkan tenaga pendidik untuk membuat modul bahan ajar,
  • Melakukan peninjauan Kurikulum secara berkala,
  • Memberi peluang bagi tenaga pendidik untuk melanjutkan studi,
  • Melakukan penataan sarana dan prasarana sesuai

Adapun tujuan dari perencanaan ini adalah agar jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dapat menghasilkan lulusan yang profesional, yang dapat berkontribusi sebagai bagian dari tenaga kefarmasian dalam memberikan pelayanan Farmasi Klinik dan Komunitas serta mampu berkarya sendiri, dan terbentuknya jiwa kewirausahaan pada setiap mahasiswa dibidang kefarmasian. Acara selanjutnya adalah penyampaian kritik dan saran dari perwakilan mahasiswa Farmasi untuk menjadikan jurusan farmasi lebih baik lagi. Selain kritik dan saran ada juga beberapa mahasiswa yang melontarkan beberapa pertanyaan kepada pihak jurusan Farmasi seperti mengenai perlengkapan sarana dan prasarana pembelajaran dilingkungan jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Acara Sarasehan ini ditutup dengan pemutaran Video Motivasi supaya mahasiswa termotivasi untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi.